Pengertian SEO ( Search Engine Optimization )

Pengertian SEO ( Search Engine Optimization )


Apa itu SEO ? SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu suatu cara atau teknik untuk menempatkan website / blog / sosial media / video kita ke halaman satu Google atau bahasa lebih kerennya page one Google / pejwan Google.

seo search engine optimization adalah, search engine google, pengertian search engine optimization ( seo ),

Lalu Kenapa kita butuh SEO ? Sebenarnya sih SEO BUKAN SEGALANYA. Tapi hanya salah satu metode aja dalam memasarkan produk di internet.

Bagi saya, SEO adalah proses optimasi yang kita lakukan pada halaman kita (entah itu halaman blog kita, halaman video kita, atau halaman depan situs kita — homepage) agar ranking di halaman pertama – posisi top 10 (minimal, syukur-syukur kalau posisi pertama) untuk kata kunci yang kita inginkan atau kata kunci yang memberi kita banyak trafik dan calon pembeli.
Kuncinya adalah 
1) halaman pertama – top 10, 
2) pada kata kunci yang kita inginkan, 
3) kata kunci yang memberi kita banyak trafik,
4) kata kunci yang memberi kita calon pembeli Karena…

  • Tak ada gunanya kita ranking di halaman pertama untuk kata kunci yang tidak kita inginkan (misal kata kunci berkonotasi negatif atau porno),
  • Tak ada gunanya kita ranking halaman pertama untuk kata kunci yang tak memberi kita trafik (kecuali untuk gaya-gayaan), dan
  • Tak ada gunanya kita ranking tinggi di kata kunci yang tak memberi kita calon pembeli (karena kita adalah pebisnis, bisnis harus fokus pada profit – jika bisnis tak profit ya bangkrut).
  • Dan karena sekarang definisi kita tentang SEO sudah sama (semoga), yuk lanjut ke topik selanjutnya…
Esensi dari SEO
Jika misal saya tanya anda, kira-kira apa sih dasar dari SEO itu?
Apa sih dua hal yang membuat anda ranking tinggi di search engine (google) untuk kata kunci yang anda
inginkan itu?
Jawabnya sebenarnya simpel.
Backlink yang bagus dan On Page SEO.
Yups, bukan yang lain – hanya dua hal ini.
Mari saya jelaskan mulai dari yang terpenting, backlink.
Backlink…
Satu rahasia buat anda. Sebenarnya yang membuat anda bisa ranking tinggi di Google adalah backlink.
Bukan on page SEO, bukan konten.
On page SEO membantu dengan meletakkan anda di kata kunci pencarian yang anda inginkan, tapi
backlink lah yang memberi situs atau halaman anda ‘kekuatan’ untuk bisa ranking tinggi di kata kunci
tersebut.
Analogi sederhananya seperti ini.
Bayangkan anda sedang dalam kejuaraan memanah. Anda perlu memanah sebanyak mungkin apel yang
anda bisa.
Apel yang harus anda panah letaknya bervariasi, ada yang 1 meter di depan anda, ada yang letaknya 2,2
meter di samping anda, ada yang 3 meter di atas anda, ada yang 5 meter di hadapan anda, dan ada yang
letaknya 10 meter di belakang anda.
On page SEO adalah ibaratnya cara anda mengarahkan panah anda ke apel yang anda tuju. Semakin baik
anda membidik apel-apel tersebut, maka akan semakin bagus. Kemungkinan anda untuk mengenai apel
tersebut jelas lebih tinggi.
Tapi backlink atau off page SEO adalah ibarat kekuatan dibalik tarikan busur anda. Anda pasti tahu jika
anda tidak menarik busur anda cukup kuat, tak akan ada cukup tenaga bagi anak panah anda untuk
mengenai apel yang anda bidik.
Semakin kuat tarikan busur anda (backlink anda), maka semakin kuat dan kencang anak panah anda
melaju. Semakin mampu anak panah anda untuk menjatuhkan dan melubangi apel-apel tersebut.
Dan kombinasi dari kedua hal ini (membidik dan tarikan busur) adalah esensi dasar dari SEO.
Anda mungkin komplain, “Halaman saya tidak saya kasih backlink tapi bisa rank #1 atau halaman #1
hanya dengan konten dan on page SEO”.
Ada beberapa alasan dari hal tersebut:
1. Kompetitor anda lemah dan tak begitu tahu tentang SEO. Saya juga sering mengalami ini untuk
situs lele saya. Saya bikin halaman, lakukan on page SEO, dan ranking halaman pertama. Satusatu
alasannya adalah karena petani lele tidak tahu cara bikin situs dan cara SEO.
2. Keyword anda merupakan Long Tail Keyword (keyword panjang, lebih dari dua frase dan tidak
memiliki banyak search potential). Sangat jarang ahli SEO yang secara aktif mentarget long tail
keyword kecuali keyword tersebut memiliki potensi pencarian dan potensi trafik yang tinggi. Jika
tak ada kompetisi yang aktif untuk suatu keyword, tentu saja mudah ranking. Ibaratnya adalah,
jika apel sasaran anda hanya 3 cm di bawah anda, tentu anda arahkan panah anda ke bawah dan
jatuhkan panah anda anda sudah bisa kenai apel tersebut.
3. Anda pintar cari keyword. Beberapa keyword memiliki search potential dan profit potential yang
tinggi, tapi dilewatkan oleh banyak orang. Jika anda bisa menemukan keyword-keyword seperti
ini – memiliki pencarian tinggi, dan potensi profit yang tinggi—secara terus menerus, saya harus
salut pada anda karena itu artinya anda berbakat dalam keyword research.
4. Domain authority anda kuat. Jika domain anda adalah domain yang trustworthy bagi Google,
memiliki banyak link dari situs authoritative (PR 3+), kekuatan link dari domain anda akan
‘mengalir’ ke halaman dalam anda. Menjadikan anda ranking pertama hanya dengan on page
SEO.

Subscribe to receive free email updates: